Senin, 07 September 2015

Pohon Sengon Manfaat

            Pohon sengon merupakan merupakan tanaman produktif dengan nilai investasi yang menjanjikan serta banyak memiliki nilai ekonomis bagi para petani. Menanam Pohon sengon merupakan sebuah kontribusi tersendiri bagi penghijauan lingkungan. Pohon sengon dengan akar tunjang yang kuat mampu menyelamatkan wilayah pinggiran aliran sungai serta mencegah longsor.


Mulai dari pucuk daun hingga pangkal akar pohon sengon bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Pohon sengon masih merupakan salah satu dari jenis tumbuhan mimosaceae merupakan makanan favorit untuk ternak sapi serta kambing. Pucuk dahan sengon banyak mengandung protein sehingga baik untuk kesehatan serta pertumbuhan ternak. Daun pohon sengon berbentuk majemuk ganda memiliki anak daun kecil-kecil dan mudah rontok. Daun pohon sengon berwarna hijau pupus, memiliki fungsi sebagai komponen untuk memasak makanan dan menyerap gas nitrogen serta CO2 dari udara bebas.
Akar pada pohon sengon bersimbiosis dengan bakteri Rhizobium sehingga menghasilkan nodul-nodul akar. Nodul akar tersebut membantu porositas akar serta memberikan suplai nitrogen dalam tanah. Hal tersebut banyak memberikan keuntungan bagi pohon sengon serta tumbuhan yang berada di sekitar pohon sengon. Akar pohon sengon memiliki akar tunggang kuat dengan akar serabut tidak begitu besar yang banyak mengandung nitrogen untuk kesuburan tanah disekitar pohon sengon. Lahan bekas tanaman sengon tentu saja akan lebih subur oleh karena kandungan nitrogen tersebut.
Manfaat utama dari pohon sengon adalah kayu yang banyak dibutuhkan oleh berbagai industri pengolahan kayu. Batang kayu sengon diolah untuk berbagai kebutuhan diantaranya untuk bahan baku peti, papan sekat untuk pengecoran, batang korek api, pensil, partikel board, bahan baku kertas, mebel, kayu lapis, dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar